Pengertian Dan Fungsi Kabel Fiber Optik

Pengertian kabel fiber optik dan fungsi kabel fiber optik - Kita akan membahas pengertian tentang kabel fiber optik atau bisa disebut dengan serat optik dan fungsi dari kabel fiber optik atau serat optik itu sendiri.

Dalam jaringan komputer ada beberapa komponen pendukung seperti server, switch, serta kabel sebagai penghubung dan menyalurkan data. Terdapat macam macam jenis kabel seperti yang biasa digunakan dalam instalasi jaringan komputer yaitu Kabel Coaxcial dan Kabel Twisted.

Kabel Coaxcial dan kabel Twisted mungkin yang paling sering digunakan oleh masyarakat hingga sekarang, dengan semakin majunya zaman dan teknologi masyarakat ingin memiliki akses kecepatan yang tinggi dan memiliki kemampuan transfer data lebih maksimal. 

Memiliki kecepatan akses yang tinggi tentu keinginan masyarakat dan pastinya menjadi hal yang paling di cari terutama untuk keperluan browsing di internet. Langsung saja kita bahas apa itu kabel fiber optik dan apa fungsinya kabel fiber optik. 


Pengertian kabel fiber optik dan fungsi kabel fiber optik

Pengertian Kabel Fiber Optik 

Kabel fiber (kabel fo) optik atau serat optik merupakan Suatu media transmisi yang memiliki bahan utama yang terbuat dari serat kaca yang sangat halus dan telah di campurkan dengan bahan plastik yang menggunakan pembiasan cahaya dalam melakukan transmisinya. Sementara itu sumber cahaya yang digunakan kabel fiber optik ini adalah berupa laser karena mempunyai spectrum yang sangat sempit. 

Namun ada beberapa yang mendefinisikan kabel fiber optik adalah salah satu jenis kabel yang berfungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu titik ke titik lain.

Terdapat dua jenis mode transmisi yaitu Singel mode dan Multi mode, single mode yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya, sedangkan Multi mode menggunakan media LED. Jenis kabel fiber optik ini biasanya lebih sering digunakan pada suatu instalasi jaringan dengan kelas menengah hingga ke atas.


Fungsi Kabel Fiber Optik 

Fungsi pada kabel fiber optik pada dasarnya mempunyai sama dengan jenis kabel yang lainnya yaitu untuk menghubungkan antara komputer atau perangkat jaringan satu ke perangkat jaringan lainnya. 

Yang membuat beda kabel fiber optik dengan kabel jaringan lainnya adalah kabel fiber optik memiliki kecepatan akses yang tinggi sehingga kecepatan transfer pada data pun juga lebih cepat. Biasanya kabel ini digunakan untuk operator telekomunikasi dan jaringan yang membutuhkan transfer tinggi.

Untuk kecepatan transfer data bisa hingga Gigabyte per detik. Namun tentunya dengan banyak kelebihan yang di miliki oleh si kabel fiber optiknya tentu pastinya dibayar lebih mahal, maka sebab itulah kabel jenis ini jarang di gunakan oleh sembarang orang. 

Biasanya perusahaan besar serta operator telekomunikasi yang lebih sering memilih untuk menggunakan Kabel fiber optik ini. Bahkan saat ini pun perusahaan pengembang Wi-Fi atau Perusahaan penyedia layanan internet sudah mulai menggunakan kabel fiber optik alasannya karena lebih cepat dan stabil Contoh penyedia layanan internet atau ISP yang sudah menggunakan kabel fiber optik adalah First media


Itulah penjelasan tentang pengertian kabel fiber optik dan fungsi kabel fiber optik. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian jangan lupa untuk share artikel ini dan silakan bertanya pada kolom komentar dibawah :D.

Sekian terimakasih