Macam Profesi-profesi dalam bidang pengembangan aplikasi website

Standard
Macam macam profesi dalam bidang pengembang aplikasi website. Di dunia teknologi sangat cepat sekali perkembangannya begitu juga dengan profesinya dalam bidang teknologi. 

Ada banyak ragam dalam profesi di dalam bidang Teknologi Informasi, bagaimana dengan profesi yang berada dalam lingkungan pengembangan aplikasi web? 

Berikut adalah contoh macam macam profesi yang langsung terkait dalam pengembangan aplikasi website.  seperti Apa itu Web designer? Web developer dan web master.
macam macam profesi pengembang website

Profesi pengembang aplikasi website


1. Web designer

Web designer memiliki tanggung jawab atas seluruh desain layout pada sebuah situs website yang nantinya akan di bangun. Seorang web designer tentunya akan menentukan tampilan dan tata letak website mulai dari style dan konsep desain yang di inginkan, memilih nama dan jenis font yang cocok untuk di terapkan pada website, penempatan bidang tombol, membuat sebuah logo atau icon untuk website tersebut, dan sebagainya.

Tujuan seorang desainer dalam hal mendesain sebuah website adalah memberikan harmonisasi dan user experience yang baik bagi pengunjung website. Ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan oleh seorang web designer yaitu seperti : 
  • Adobe illustrator
  • Abode photoshop
  • 3DS Max
  • Flash player
  • Adobe dreamweaver
  • dan lain-lain.
Tidak hanya web developer saja yang membutuhkan bahasa program untuk membangun sebuah website, Web designer juga membutuhkan bahasa program untuk membuat tampilan website lebih dinamis, responsif. Bahasa program yang biasa digunakan oleh web designer adalah : 
2. Web delevoper

Web developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen-elemen dari website tersebut.

3. Web master 

Merupakan gabungan dari web developer dan web designer, webmaster juga bertugas memelihara aplikasi web yang digunakan, webmaster mungkin juga bertanggung jawab untuk optimisasi mesin pencari (SEO), mengisi content pada website, hingga mempromosikan website tersebut.


Dalam kelompok kerja yang lebih besar, webmaster akan lebih banyak menjadi manager dari sebuah web-based project, mengatur pekerjaan web developer dan web designer, hingga melakukan pengujian terhadap usability dari aplikasi web yang dibuat.


Bagi seorang web developer, kemampuan logis sangat dibutuhkan untuk mengatur alur aplikasi web yang dibuat. Sedangkan web designer membutuhkan kemampuan artistik dan kreatifitas. Dan bagi seorang webmaster, tentu akan membutuhkan kemampuan logis, artistik serta pengalaman yang memadai dibidangnya.


Itulah penjelasan tentang Profesi dalam bidang pengembang website mungkin dari kalian ada yang ingin menjadi web designer atau web developer? atau bahkan menjadi seorang web master?
Bila ada kekurangan atau salah kata mohon maaf atau yang ingin menambahkan bisa memberikan nya di kolom komentar dibawah artikel ini.

Sekian terimakasih
  • Categories