Kelebihan dan kekurangan jaringan client server

Standard
client server
Sumber : https://en.wikipedia.org

Setiap model dalam jaringan komputer tentu masing masing pasti memiliki kelebihan serta kekurangan. Maka dari itu jika ingin membangun sebuah jaringan kita harus tahu tentang kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Dibawah ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari client server pada jaringan komputer.

Kelebihan jaringan client server

1. Arus informasi menjadi lebih cepat

Tentu saja, dengan menggunakan sistem jaringan komputer berbasis client server, arus informasi yang diinginkan akan menjadi lebih cepat. Sebanyak apapun user yang terhubung dengan server tersebut, maka kesemua client tersebut bisa melakukan request dan juga akses terhadap informasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini, selain dapat membantu mempercepat proses transmisi data kepada client, juga tentu saja akan menambah efektivitas waktu bagi para client dan juga user dalam melakukan pengaksesan informasi.

2. Keamanan yang relatif lebih tinggi

Dalam pengertian client server, sebuah komputer client bertugas untuk mengirimkan permintaan atau request kepada komputer server, dengan begitu kita hanya menggunakan komunikasi antara komputer server dan client saja (Tapi tak menutup kemungkinan bahwa ada serangan dari MITM).

MITM itu sendiri adalah Man in the middle attack (MITM) adalah serangan di mana attacker berada di tengah, bebas mendengarkan dan mengubah percakapan antara dua pihak.


3. Memiliki sistem backup data yang sangat baik

Karena pada jaringan Client Server ini, sistem backup datanya dilakukan secara terpusat oleh server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan dalam jaringan. Selain membackup, server juga digunakan sebagai tempat penyimpanan data. 

Dengan adanya komputer server data pada komputer client dapat diback-up pada komputer server. Maka data pada komputer client dapat terjaga aman.

4. Server memegang penuh pada data yang di butuhkan oleh user

Komputer server adalah pusat data yang akan nantinya dibutuhkan oleh komputer client, komputer server mempunyai hak sepenuhnya dalam mengontrol semua data. Semua sumber daya (resource) ada pada server, dari komputer server lah kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan (selagi informasi itu ada pada komputer server).


Kekurangan jaringan client server

1. Biaya operasional relatif lebih mahal

Dengan biaya yang cukup mahal dibandingkan dengan sebuah paradigma peer to peer yang biaya pengeluarannya relatif lebih terjangkau. Dimana dalam membangun sebuah paradigma client server yang tidak sembarang orang dapat lakukan dan harus terus di update oleh seorang teknisi IT profesional yang tentunya berpengalaman dalam melayani sebuah ilmu atau bidang server.

2. Ketika terjadi trouble pada server, maka seluruh koneksi jaringan akan mati

Seperti sudah disebutkan, jaringan client server menggunakan satu buah komputer server untuk menjadi pusat dari jaringan tersebut. Namun demikian, sebagai sebuah pusat yang tersentralisir, hal in menimbulkan kelemahan, yaitu ketika server menagalami kerusakan dan juga gangguan, maka hal ini akan menyebabkan seluruh jaringan menjadi ikut mati. Hal ini akan sangat mempengaruhi dan berdampak besar bagi keseluruhan jaringan.

3. Memerlukan spesifikasi komputer yang besar

Khususnya pada komputer server harus memiliki sepsifikasi yang cukup besar, agar dapat melayani para client yang ingin mengakses data pada server. Jika komputer server memiliki spesifikasi rendah atau minim, maka akan berakibat pada down pada komputer server, yang berakibat  tidak dapat diaksesnya server dalam sementara waktu jika mempunyai jumlah client yang cukup besar.


Itulah penjelasan tentang kelebihan dan kekuranga jaringan client server mungkin ada beberapa informasi yang kurang atau salah dalam menggunakan kalimat atau kata mohon maaf. Jika ada informasi yang kurang bisa di tambahkan kedalam kolom komentar agar kita bisa belajar bersama sama dari kelebihan dan kekurangan jaringan komputer client server.

Sekian terimakasih.
  • Categories