Cara memberikan password pada folder menggunakan notepad di windows

Standard
Bagaimana cara memberikan password pada folder kita hanya dengan menggunakan notepad yang sudah terinstall di windows. Notepad adalah sebuah text editor simple yang sudah ada di windows di sekitar tahun 1985. Fungsi notepad itu sendiri dari dulu hingga sekarang memiliki fungsi yang sama yaitu menulis surat pendek.

Jadi sekarang bagaimana caranya membuat atau memberikan sebuah password untuk sebuah folder menggunakan notepad? Langkah langkahnya ikuti dibawah ini.



Cara mengunci folder menggunakan notepad

1. Pertama kita membuat sebuah folder berikan nama pada folder tersebut berikan saja nama folder tersebut Locker.

2. Buka notepad dengan menekan tombol lambang windows + R atau bisa juga dengan klik lambang windows di dekstop mu lalu klik all programs cari folder accessories dan cari aplikasi notepad.

Jika notepad sudah terbuka Copy script dibawah ini lalu paste di notepad tersebut.


3. Setelah script di atas sudah selesai di copy dan di pastekan di notepad lalu selanjutnya cari tulisan "if NOT %pass%%== password disini goto FAIL".

Dibaris script tersebut kita masukan password yang akan kita gunakan nantinya dengan mengganti password disini, Contohnya : if NOT %pass%%== catatanshand123 goto FAIL.

4. Jika sudah di diberikan password atau di ganti kita save script tersebut dengan menekan CTRL + S atau kita, Klik File lalu pilih Save jika muncul jendela untuk mengisikan nama file kita beri nama file tersebut dengan Locker.bat.

File Locker.bat ini kita letakan di folder yang sudah kita buat sebelumnya di folder Locker.

Baca juga : perbedaan usb 3.0 dan usb 2.0 

5. Sekarang kita cek Folder Locker kita di Windows explorer lalu kita cari folder locker yang tadi sudah kita buat, Jika ada file Locker.bat kita double klik atau kita klik 2x pada file Locker.bat tersebut.

6. Setelah sudah di klik 2x pada file tersebut, maka akan muncul sebuah tampilan yang di minta untuk mengisikan sebuah password yang sudah kalian buat tadi. Misalnya tadi saya sudah membuat password password saya adalah catatanshan123, Lalu password tersebut saya masukan. 

Setelah password sudah di masukan akan muncul Folder yang bernama Private. Di dalam folder private tersebutlah kita bisa menyimpan file file pribadi kita.

7. Untuk mengunci sekaligus menyembunyikan folder private tersebut, kita bisa klik 2x pada file Locker.bat, Jika sudah di klik 2x maka akan muncul pertanyaan "Apa kamu yakin ingin mengunci folder ini? Y/N".

Y Untuk Ya dan N Untuk tidak. Maka kita bisa isikan Y Untuk mengunci sekaligus menyembunyikannya.

Baca juga : perbedaan windows 64bit dan 32bit 

Sekian dari Tips and Trick untuk memberikan password pada folder menggunakan notepad semoga bisa bermanfaat ya hehe. Bila ada yang ingin di tanya kan atau kurang paham dengan tutorial diatas bisa tulis komentar dibawah artikel ini atau bisa hubungi saya.
Sekian Terimakasih.
  • Categories