User Generated Content (UGC)

Trend e-commerce di tahun 2018 ini akan mengarah ke User Generated Content (UGC) yang sedikit-banyak berkaitan dengan kebiasaan konsumen Indonesia yang senang membanding-bandingkan produk.

Contohnya, membaca ulasan (review) atau testimoni dari pengguna nyata yang kemudian mempengaruhi keputusan mereka untuk jadi membeli atau tidak. Saya yakin, kita semua pernah terpengaruh dengan adanya review dan testimoni.

Dari data yang sama, dijelaskan bahwa pakaian dan perlengkapan fesyen adalah kategori yang paling populer di Indonesia sepanjang tahun 2017, dengan jumlah hampir sepertiga dari total klik yang masuk.

Jumlah ini diikuti oleh kategori otomotif dan smartphone. Bagaimana dengan suplemen? Ini pun tak bisa dianggap enteng. Peluangnya besar sekali dan konsumen cenderung untuk repeat order. Bahkan konsumen tidak sensitif terhadap harga apabila dirasa cocok.

Menjadi pengusaha saat ini begitu mudah. Karena mudahnya akses terhadap produk dan produsen, juga mudahnya akses terhadap konsumen. Kalau produsen diakses melalui Google, sementara konsumen diakses melalui socmed.