Pengertian macam macam jenis dan tujuan komunikasi data

Pengertian Komunikasi data

Kali ini saya akan membahas tentang pengertian komunikasi data, macam macam jenis komunikasi data, tujuan dari komunikasi data. Komunikasi data adalah sebuah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih device (contoh device seperti : komputer atau laptop atau printer dan alat komunikasi lainnya). 

Komunikasi berasal dari bahasa inggris “Communication“, secara emitologi berasal dari bahasa latin yaitu “Communis”  yang memiliki arti yaitu “berbagi” atau “menjadi milik bersama” komunikasi berarti suatu proses pembangunan saling pengertian dan menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung satu sama lain. Data berasal dari kata “datum” yang berarti materi atau kumpulan fakta yang di pakai untuk keperluan suatu analisa. 

Komunikasi adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi tertentu, contohnya kabel. Untuk data yang menggunakan komputer pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik biasanya disebut dengan istilah komunikasi data. Data adalah informasi yang disajikan oleh isyarat angkat biner yaitu 0 dan 1.


macam macam jenis komunikasi data


Macam macam jenis komunikasi data 

  1. Terestrial 
  2. Satelit


Jenis komunikasi data terestrial

Komunikasi data terestrial menggunakan media kabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini.


Jenis komunikasi data satelit

Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi lokasi yang tidak memungkinkan di bangunnya  insfrastuktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.

Komponen komunikasi data

komponen komunikasi data
komponen komunikasi data

Sumber (Source)
Komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio (suara), Video, atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.  Salah satu contoh nya adalah komputer, telepon.

Pengirim (Transmitter)
Sebuah alat yang berfungsi sebagai memproses data yang berasal dari sumber (Source) untuk di salurkan ke sistem transmisi. Bentuk fisiknya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa audio (suara).

Sistem transmisi
Ialah sebuah jalur yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan media yang digunakan menggunakan wireless. 

Penerima (Receiver)
Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memprosesnya untuk dijadikan informasi.

Tujuan (Destination)
Salah satu komponen yang menerima informasi yang telah dikirimkan oleh Receiver (penerima) dan diubah menjadi informasi yang sama saat di kirimkan.

Baca juga : 


Fungsi dan tujuan komunikasi data

  1. Mengurangi waktu untuk pengolahan data
  2. Mempercepat penyebaran data atau informasi
  3. Efisien dalam pengiriman data dalam jumlah besar
  4. Sistem komunikasi data (Komdat) memungkinkan orang dan bisini yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi
  5. Memungkinkan kemungkinan pengelolaan data dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer

Sekian dari penjelasan tentang komunikasi data semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membaca nya. Jangan lupa untuk like and share artikel ini ya keteman teman kalian yang membutuhkan 
Silakan tinggalkan komentar

Sekian terima kasih.