Kegunaan Inframerah dalam Komunikasi

Standard
Kegunaan Inframerah dalam Komunikasi - Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari pada cahaya tampak, namun lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "di bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bottom"), merah adalah warna cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki tiga "perintah" dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm.

Kegunaan Inframerah dalam Komunikasi

Kegunaan Inframerah dalam Komunikasi
Inframerah
Adanya sistem sensor infra merah. Sistem sensor ini pada dasarnya menggunakan infrared sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Aplikasi infra sensor sangat berguna sebagai remote control, security alarm, dan otomasi pada sistem. 

Pemancar dalam sistem ini terdiri dari LED inframerah yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu menghasilkan data yang akan ditransmisikan melalui cahaya inframerah, sedangkan pada receiver biasanya ada modulator foto transistor, fotodioda, atau inframerah yang berfungsi untuk menerima. sinar infra merah yang ditularkan oleh pemancar.

Sebuah kamera tembus cahaya yang memanfaatkan cahaya inframerah. Cahaya inframerah tidak bisa ditangkap oleh mata telanjang manusia, namun sinar infra merah bisa tertangkap kamera digital atau camcorder video. 

Dengan adanya teknologi berupa filter PF iR yang berfungsi sebagai penerus cahaya inframerah, maka kemampuan kamera atau video akan meningkat. Teknologi ini juga sudah diaplikasikan pada kamera handphone

Untuk pencitraan pandangan seperti nightcoop
Inframerah digunakan untuk komunikasi jarak dekat, seperti di remote TV. Gelombang inframerah mudah dibuat, harganya relatif murah, tidak bisa menembus dinding atau benda gelap, dan memiliki fluktuasi daya tinggi dan bisa mengganggu sinar matahari.

Sebagai alat komunikasi remote control. Inframerah bisa bekerja pada jarak yang tidak terlalu jauh (sekitar 10 meter dan tidak ada rintangan)

Sebagai salah satu standarisasi komunikasi nirkabel. Dengan demikian, inframerah dapat dianggap sebagai salah satu konektivitas dalam bentuk perangkat nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan atau mentransfer data dari satu perangkat ke parangkat lainnya. 

Penggunaan inframerah seperti ini bisa kita lihat di ponsel dan laptop yang memiliki aplikasi inframerah. Saat kita ingin mengirim file ke ponsel, maka bagian infra harus dihadapkan dengan modul inframerah pada PC. Selama proses pengiriman, seharusnya tidak ada pemblokiran objek lainnya. 

Fungsionalitas inframerah ponsel dan laptop dijalankan melalui teknologi IrDA (Infra Red Data Acquition). IrDA dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi infra merah.

Kelebihan inframerah dalam transmisi data
Transmisi data dengan infrared bisa dilakukan kapan saja, karena pengiriman inframerah tidak memerlukan sinyal.

Transmisi data dengan inframerah bisa dikatakan mudah karena termasuk alat sederhana.
Pengiriman data dari ponsel tidak dikenakan biaya (gratis)


Kelemahan inframerah dalam transmisi data
Pada transmisi data dengan inframerah, kedua lubang inframerah tersebut harus saling berhadapan. Ini agak sulit bagi kita untuk mentransfer data karena caranya yang merepotkan.
Inframerah sangat berbahaya bagi mata, jadi jangan sampai sinar inframerah pada mata
Transmisi data dengan inframerah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan rekan Bluetooth-nya.
  • Categories