Tujuan di bangunnya jaringan komputer

Standard

Pengertian Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Komponen Jaringan komputer

Komponen jaringan komputer ada 3 sebagai berikut ini.
  1. Koneksi Fisik (Physical Connection)
  2. koneksi fisik sebagai penghubung antara adapter card (MODEM, NIC)dari komputer kedalam suatu jaringan. Transfer data yang megalir dalam koneksi fisik menggunakan transfer sinyal melalui media (kabel atau gelombang). komponen yang diperlukan agar terjadi koneksi fisik adalah perangkat keras komputer dan perangkat keras jaringan, seperti komputer yang terhubung dengan modem

  3. Koneksi Logis
  4. Koneksi logis adalah suatu koneksi menggunakan protokol atau aturan yang di gunakan oleh komputer agar dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya. Protokol juga berfungsi sebagai media dalam mentransmisikan atau menerima data dan informasi kedalam suatu jaringan(TCP/IP). komponen yang diperlukan agar terjadinya koneksi logis adalah protokol dan standar. protokol adalah himpunan aturan aturan main yang mengatur komunikasi data. sedangkan standar adalah suatu hal yang penting dala penciptaan dan pemerliharaan sebuah kompetisi pasar dari penyedia layanan komunikasi, khususnya internet. Sebuah komputer agar terhubung ke jutaan komputer diseluruh dunia membutuhkan koneksi internet. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutukan koneksi GPRS, 3G, atau protokol lainnya kepada penyedia layanan internet.

  5. Aplikasi (Application)
  6. Aplikasi adalah suatu kumpulan perintah atau kombinasi dari seluruh perintah yang bekerja bersama protokol dan digunakan sebagai media dalam menampilkan data atau informasi(web browser, FTP). Aplikasi Web browser antara lainnya adalah Internet Explorer, Mozila Firefox, dan Opera. Sedangkan aplikasi FTP (File Transfer Protocol) antara lain adalah WS-FTP, Go!Zilla, da Cute-FTP.


Baca juga :  




Tujuan membangun jaringan komputer Jaringan komputer

Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.
Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu :
  1. Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
  2. Jalur transmisi yang digunakan tidak benar – benar bebas dari masalah gangguan (noise)

Manfaat di bangunnya jaringan komputer Jaringan

Manfaat di bangunnya jaringan komputer Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :


  1. Media berbagi sumber daya (Sharing resources)
  2. Sharing resources bertujuan agar seluruh yang ada pada jaringan daat berbagi program, database, hardware atau sumbe daya lainnya tanpa pengaruh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. Dengan demikian sumber daya yang diperlukan dapat dikurangi.

  3. Media komunikasi
  4. Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Dengan demikian, orang orang yang jaraknya berjauhan akan lebih mudah untuk bekerja sama.

  5. Media Integrasi Data
  6. Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ketempat lainnya. Dengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan daapt dilakukan dengan mudah, karena adanya kemampuan berbagi peralatan melalui jaringan.

  7. Media Keamanan Data
  8. Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data . jaminan keamanan terserbut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password, serta perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan efektif, sumber daya lebih efisien, dan informasi terkini.

  9. Pengembangan dan Pemeliharaan
  10. Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.

  11. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
  12. Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.



Sekian dari Penjelasan Pengertian jaringan komputer semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya.
Jangan Lupa untuk Share artikel ini dan silakan tinggalkan komentar kalian.


Terima kasih Sudah mengunjungi CatatanShand.blogspot.com
  • Categories