Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Fungsinya

Standard
Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Fungsinya - Perangkat Keras Komputer Ini adalah perangkat yang terlihat secara fisik dan teraba, yang membentuk satu kesatuan, sehingga bisa membangun jaringan komputer.

Untuk bisa membangun jaringan komputer, ada beberapa perangkat keras jaringan komputer yang harus diketahui seperti NIC, Network Cable, Connector, Hub / Switch, dll. Berikut adalah beberapa contoh perangkat keras jaringan komputer:

Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Fungsinya


1. NIC (Network Interface Card) 
Perangkat Keras Jaringan Komputer beserta Fungsinya
NIC

NIC (Network Interface Card) atau biasa disebut kartu LAN adalah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke jaringan komputer. Komponen ini biasanya sudah terpasang onboard pada beberapa komputer atau laptop.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer

2. Cable Network
Cable dalam jaringan digunakan sebagai media penghubung. Meski saat ini sudah ada teknologi nirkabel (wireless) namun kabelnya masih sering digunakan karena mudah dioperasikan. Ada beberapa jenis kabel yang biasa digunakan untuk membangun jaringan komputer seperti:

a. Kabel Twisted Pair
Cable Twisted Pair terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit. Ada dua jenis kabel yang termasuk dalam jenis kabel ini yaitu Shielded Twisted Pair (STP) dengan lapisan aluminium foil dan Unshielded Twisted Pair (UTP).

Kedua jenis kabel twisted pair pada dasarnya sama, kecuali kabel UTP yang rentan terhadap medan magnet atau tegangan tinggi sedangkan kabel STP tidak.

b. Kabel Coaxial
Tampilan fisik kabel ini terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator di dalamnya dan kemudian dikelilingi oleh konduktor luar lalu dibungkus dengan bahan seperti PVC sebagai lapisan isolator terluar.

Untuk penggunaan kabel koaksial jarang digunakan karena pada umumnya orang membangun jaringan komputer dengan kabel twisted pair.

c. Kabel Fiber Optic
Kabel serat optik adalah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan memiliki kecepatan transfer data lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone karena kecepatan jaringan yang lebih dalam.

Namun saat ini banyak yang telah menggunakan Serat optik untuk jaringan biasa baik LAN, WAN dan MAN karena bisa memberi dampak lebih pada kecepatan dan bandwidth karena serat optik menggunakan bias ringan untuk mentransfer data yang lewat dan tentu saja kecepatan cahaya tidak diragukan lagi.

3. Connector
Connector digunakan sebagai alat untuk menghubungkan antara kabel dengan steker NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer Anda. Konektor jenis ini disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan, misalnya konektor RJ-45 yang dipasangkan dengan kabel UTP / STP, konektor BNC / T yang dipasangkan dengan kabel koaksial dan konektor ST yang dipasangkan dengan kabel serat optik.

4. Hub
Hub adalah komponen jaringan komputer yang memiliki steker (port-port), jumlah port ini berkisar 8.16, 24, sampai 32 port. Secara umum, hub digunakan untuk menyatukan kabel jaringan dari masing-masing workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain, Hub sama dengan jembatan yang bisa menghubungkan beberapa kota atau provinsi.

baca juga: pengertian hub dan fungsinya

5. Switch
Switch pada prinsipnya sama dengan hub switch perbedaannya lebih pintar dari pada hub karena mampu menganalisa paket data yang diteruskan sebelum dikirim ke tempat tujuan. Selain itu saklar juga memiliki kecepatan transfer data dari server ke workstation atau sebaliknya.

baca juga: Pengertian switch dan fungsinya

6. Repeater
Repeater adalah komponen yang berfungsi untuk menguatkan sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan kembali dipancarkan dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama sehingga dengan repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.

Pengertian repeater dan fungsinya

7. Router
Router memiliki kemampuan untuk memfilter atau memfilter data yang lewat di jaringan berdasarkan aturan atau protokol tertentu. Sama seperti hub / switch, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan seperti LAN, MAN, dan bahkan model jaringan WAN.

8. Modem
Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukan tugasnya, modem akan mengubah data digital menjadi data analog yang bisa kita pahami manusia atau sebaliknya.
  • Categories