Pengertian Topologi Ring serta Kelebihan dan Kekurangannya

Standard
Pengertian Topologi Ring serta Kelebihan dan Kekurangannya - Topologi jaringan ring adalah topologi pada jaringan komputer yang memiliki ciri khas lingkaran seperti cincin dalam disainnya dan semua workstation dan server saling terhubung membentuk pola lingkaran.

Setiap workstation atau server akan menerima data atau informasi bersama, jika alamat yang sesuai dengan informasi atau data akan diterima, dan jika alamatnya tidak tepat maka informasinya akan dilewatkan ke komputer lain.

Ring Topology hanya terhubung langsung ke dua perangkat di jaringan (lihat gambar topologi Ring).

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bentuk topologi jaringan Ring yang panas bentuk cincin ini, maka sinyal data akan bergerak tidak tetap dari satu perangkat ke perangkat lain sampai akhirnya berhenti di perangkat tujuan semua paket data yang dikirim pada topologi jaringan ini akan melewati semua host atau node dalam jaringan.

Dengan kata lain, untuk mencapai perangkat D maka sinyal yang ditransmisikan dari perangkat A harus melalui perangkat B dan C.

Pengertian Topologi Ring serta Kelebihan dan Kekurangannya


Masalahnya adalah sinyal yang akan ditempuh jika jarak yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan lebih jauh. Oleh karena itu, untuk mengatasi kelemahan sinyal data karena kemungkinan yang sedang berjalan di atas, maka setiap perangkat pada topologi ini dilengkapi dengan repeater.

Dengan Repeater, data sinyal melalui perangkat akan diperkuat secara langsung sehingga bisa 'berjalan' terus ke perangkat lain, dan seterusnya sampai akhirnya sinyal data sampai di perangkat tujuan.


Topologi Jaringan Ring (Token Ring)

Sama seperti topologi jaringan lainnya Topologi jaringan ring bekerja untuk membauat cara menghubungkan satu komputer ke komputer lain, sehingga semua komputer yang terhubung dalam jaringan akan bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Setiap simpul dalam topologi ring akan melewati paket data yang dikirim oleh pengguna, namun jika simpul bukan alamat tujuan dari paket maka node akan mengalami paket tersebut maka akan sampai pada alamat tujuan.

Pro dan Kontra Ring Topologi Jaringan (Token Ring)
Keunggulan topologi ini adalah desain di dalam jaringan sangat mudah dan sederhana, juga tidak memerlukan banyak kabel jaringan untuk hubungannya selain topologi ini tidak ada data tabrakan atau benturan tabrakan seperti pada topologi jaringan bus.

Baca juga:
Pengertian Topologi Bus serta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Topologi Star serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sedang kelemahan topologi token ring masing-masing simpul dalam jaringan akan berperan dalam pengelolaan data atau sharing informasi sehingga jika satu node terputus maka jaringan shell akan terganggu dan transmisi data tidak dapat disampaikan.

Kelebihan Topologi Jaringan Cincin (Token Ring)
Data yang mengalir di topologi ini adalah salah satu cara agar tabrakan atau data tabrakan bisa dihindari.

Aliran data mengalir lebih cepat dan mampu terjalin lalu lintas data yang tinggi karena dapat melayani data dari kiri atau kanan server.

Bisa melayani arus lalu lintas data yang padat, karena data bisa bergerak ke kiri atau kanan.
Waktu untuk akses data lebih optimal karena bisa kurang tempuh lebih cepat untuk menuju ke alamat tujuan.

Kekurangan Topologi Jaringan Ring (Token Ring)
Jika ada satu komputer atau simpul di topologi ring yang gagal berfungsi atau bermasalah, maka akan terjadi gerakan seluruh jaringan.

Menambah atau mengurangi komputer dalam jaringan akan terjadi jaringan yang sedang berjalan.
Perlu terjaga khusus karena sulit untuk dikonfigurasi ulang.

Karakteristik Topologi Jaringan Ring (Token Ring)
Di jaringan kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran atau cincin.
Sangat sederhana dalam tata letak seperti jenis topologi bus.
Paket data yang bisa mengalir dalam jaringan adalah satu arah (kiri atau kanan) sehingga data tabrakan atau tumbukan bisa dihindari.
Kesulitan dengan topologi ini adalah jika satu simpul rusak maka semua simpul tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan itu.
Jenis kabel yang digunakan kabel UTP atau Patch (tipe IBM 6).
  • Categories