Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya serta Jenisnya

Standard
Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya serta Jenisnya - Kartu Jaringan atau disebut NIC (Network Interface Card) atau LAN Card atau Etherned Card adalah perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer.

Sebagian besar Kartu Jaringan adalah kartu internal, yang merupakan kartu jaringan yang terpasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

Network Interface Card (NIC) Fungsi / Kartu Jaringan
Network Interface Card (NIC) / Network Card memiliki dua fungsi utama, yaitu:
Perangkat yang menghubungkan kabel jaringan ke komputer.
Perangkat yang menyediakan pengalamatan fisik. Ini berarti kartu jaringan memiliki kode unik yang unik.

Kartu jaringan adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang bekerja pada lapisan Physical and Data Link, yang menghubungkan komputer ke perangkat jaringan lain yang umumnya menggunakan LAN Switches.

Kartu LAN ini terhubung ke Switch melalui media kabel jaringan, yang umum sekarang adalah kabel Cat5e UTP (kabel standar UTP yang mendukung kecepatan Gigabit).

Baca juga: Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Secara umum, ada kartu jaringan built-in dengan motherboard dari komputer atau laptop, namun banyak komputer yang dirakit sendiri tidak memasukkan kartu jaringan pada motherboard, jadi Anda harus membeli kartu jaringan itu sendiri - hanya bila Anda akan gunakan komputer untuk koneksi ke sistem jaringan lokal.

Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya serta Jenisnya
Pengertian Kartu Jaringan dan Fungsinya serta Jenisnya


1. Adaptor PCI
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang pada awalnya dirancang untuk menggantikan ISA / EISA Bus yang digunakan dalam sistem komputer IBM.

Baca juga: Pengertian Sistem Komputer

Pertama kali dirilis pada tahun 1992 dan masih banyak digunakan saat ini untuk komputer desktop yang memiliki slot PCI tentunya. Dari jenis adaptor jaringan ada dua jenis penggunaan yaitu adaptor jaringan kabel dan adaptor jaringan nirkabel atau jaringan nirkabel.

Gambar berikut menunjukkan slot PCI pada motherboard komputer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk nirkabel.

2. Adaptor USB
USB (Universal Serial Bus) adalah bus serial standar yang memiliki desain asimetris dan dirancang sebagai slot yang sangat praktis untuk menghilangkan kebutuhan akan slot PCI tambahan di komputer.

USB memiliki kemampuan PnP (Plug and Play - plug and play) sehingga bila dipasang di komputer maka komputer tidak memerlukan reboot komputer.

Kartu jaringan USB nirkabel, yang banyak digunakan karena praktis dan banyak digunakan untuk kartu jaringan nirkabel. Tidak ada kartu jaringan LAN yang menggunakan slot USB kecuali tipe nirkabel.

Kartu jaringan nirkabel ini bermacam macam tergantung teknologi standar yang digunakan, diantaranya:

Kartu jaringan USB Wireless B yang beroperasi berdasarkan standar Wireless 802.11B dan bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps menggunakan pita frekuensi 2,4 GHz, berbagi jaringan dengan kapasitas keluaran nyata hingga 7 Mbps. Memiliki jangkauan yang baik namun mudah terkena gangguan radio.

Kartu jaringan USB Wireless-G yang beroperasi berdasarkan standar Wireless 802.11G dan bekerja dengan kecepatan maksimum 54 Mbps, yang merupakan pengembangan versi 802.11b.

Ada beberapa model yang menggunakan teknologi wireless-G yang dipercepat ini dengan teknologi MIMO yang bisa menghasilkan kecepatan hingga 180 Mbps ideal.

Kartu jaringan USB Wireless-N yang menggunakan standar teknologi nirkabel tercepat saat ini adalah draft 802.11N. Meski masih draft (tidak final) namun hampir semua produsen perangkat nirkabel mengadopsi teknologi ini.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kompatibilitas dari standar nirkabel N ini karena setiap produk nirkabel N yang lulus uji sertifikasi "Wi-Fi Certified" berarti telah diuji kompatibilitasnya dengan jaringan standar 802.11B / G sebelumnya. biasanya ditandai dengan tanda sertifikasi "Wi-Fi Certified".

Adaptor USB nirkabel jenis ini biasa digunakan untuk komputer desktop dan notebook. Gambar berikut menunjukkan beberapa model kartu jaringan USB dan tanda sertifikasi "Wi-Fi Certified" untuk wireless-G (kompatibel dengan wireless-B) dan wireless-N (kompatibel dengan wireless-B / G).

Ada juga beberapa model perangkat USB ini yang menggabungkan teknologi 802.11N dan 802.11A yang menampilkan adaptor nirkabel-N dengan pita ganda 2,4 GHz dan 5 GHz yang biasanya bekerja secara bersamaan, memungkinkan Anda menggunakan frekuensi pita 5 GHz untuk persyaratan aplikasi atau aktivitas yang membutuhkan bandwidth intensif tinggi seperti media High Definition streaming.

Jaringan dengan pita frekuensi 5 GHz ini relatif lebih kebal terhadap gangguan pita frekuensi 2,4 GHz dimana frekuensi 2,4 GHz banyak digunakan oleh alat rumah tangga seperti telepon tanpa kabel, buka gelombang mikro, pembuka garda otomatis, dll. Untuk adapter nirkabel dual band Anda dapat memilih untuk bekerja pada band 2.4GHz atau 5GHz tergantung pada jaringan Anda.

3. CardBus / PCMCIA
Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA digunakan pada slot Cardbus atau PCMCIA dari notebook. Cardbus kartu jaringan jenis ini lebih banyak digunakan untuk kartu jaringan nirkabel juga, meski awalnya banyak menghasilkan adapter LAN dengan kecepatan 10 Mbps di era laptop tua yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard, kini sudah tidak lagi ada.

Baca juga: Pengertian jaringan LAN

4. ExpressCard
Kartu jaringan tipe ExpressCard adalah tipe baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook akhir-akhir ini yang dimulai pada akhir tahun 2006.

Keuntungan utama teknologi ExpressCard dibandingkan CardBus adalah peningkatan bandwidth yang dramatis dibandingkan dengan teknologi Cardbus.

Mengapa demikian? Kartu jaringan ExpressCard memiliki koneksi langsung ke bus sistem melalui jalur X1 Express PCI dan USB 2.0, sementara Cardbus menggunakan antarmuka pengontrol yang hanya menggunakan antarmuka PCI.

ExpressCard memiliki kapasitas output bandwidth maksimum hingga 2,5 Gigabit per detik melalui PCI Express dan output dari USB 2.0 sampai 480 Mbps secara eksklusif untuk setiap slot ExpressCard.

Sedangkan untuk Cardbus menggunakan share bus dengan output maksimal hingga 1.06 Gigabits per second hanya sharing bersama. Sementara daya yang digunakan hampir setengahnya (1,5 V dan 3,3 V) dari power yang digunakan Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).

Selain adapter Nirkabel ExpressCard, kartu jaringan ExpressCard jenis ini juga ada untuk adaptor LAN ExpressCard Gigabit dengan konektor RJ-45. Dengan kartu jaringan LAN ExpressCard ini, Anda dapat terhubung ke jaringan Gigabit Switch dengan stabilitas ultra tinggi dengan kecepatan tinggi.

Ini sangat bagus untuk aktivitas yang membutuhkan bandwidth yang berlebihan seperti media definisi tinggi (media HD), media cetak berkualitas tinggi, jaringan berkapasitas tinggi, berbagi data dan database.

Hampir semua komputer desktop dan notebook dilengkapi dengan adapter kartu jaringan, terutama untuk laptop atau notebook serta adaptor NIC onboard, mereka juga dilengkapi dengan Wi-Fi baik berdasarkan 802.11B / G dan seri terbaru dilengkapi dengan Wi- Fi berbasis 802.11N yang juga kompatibel dengan 802.11B / G.

5. Adapter PCI Express USB 3.0
Sejak 2006, sudah mulai banyak produk komputer yang melengkapi motherboard dengan PCIexpress dengan tersedianya slot PCIe. Kini banyak produk yang memanfaatkan slot PCIe ini termasuk port USB PCI Express adapter. Adaptor PCIe ini membawa port USB 3.0 SuperSpeed.

Salah satu contoh adaptor PCIe USB 3.0 ini adalah Adaptor PCI Express TRENDnet 2-Port USB 3.0 TU3-H2PIE. Adaptor USB 3.0 PCI memiliki 2 port tipe A yang bisa digunakan pada komputer yang memiliki slot PCI Express.

Adaptor ini dilengkapi dengan konektor daya dari PC 4 pin untuk menyalakan perangkat USB yang terhubung ke port USB. Kecepatan transfer data yang luar biasa hingga 5 Gbps lebih dari 10 kali kecepatan transfer rate USB 2.0 yang hanya sampai 480 Mbps.

Tentu saja port USB ini bisa digunakan juga (compatible) dengan tipe perangkat USB 2.0. Tentunya jika dpakai pada perangkat USB 2.0 berkecepatan kecepatan ikuti jenis USB 2.0.

Sehingga kecepatan transfer bisa maksimal jika menggunakan perangkat USB 3.0 juga misalnya hard disk eksternal dari Iomega eGo 2 TB USB 3.0.

Ada satu lagi, adaptor kartu nirkabel PCI-Express mini. Adaptor ini biasanya terselip di slot PCI mini di laptop yang biasa digunakan pada kebanyakan laptop untuk adaptor Wi-Fi-nya. Tipe ini tidak umum bagi pengguna karena mereka harus membongkar laptop yang tidak memungkinkan oleh sebagian besar pengguna.
  • Categories