Pengertian HTTPS dan Fungsinya

Standard
Pengertian HTTPS dan Fungsinya - HTTP identik dengan HTTPS, namun memiliki perbedaan yang signifikan. Jika sebelumnya saya pernah membahas tentang pengertian HTTP atau Hypertext Transfer Protocol, maka kali ini saya akan mengungkapkan bagaimana kita bisa mengenali identitas HTTPS.

Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre)

Pengertian HTTPS dan Fungsinya
Pengertian Https dan Fungsinya

HTTPS adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris dan asalnya terdiri dari Hypertext Transfer Protocol Securre dan disingkat HTTPS. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol yang valid dan aman.

Baca juga: Pengertian Protokol Jaringan Komputer

Hal ini disebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah terlindungi dengan sistem Encryp melalui berbagai format, jadi ini akan menyulitkan orang yang ingin membajak isi dokumen yang dikirim menggunakan media HTTPS.

Dapat dimengerti bahwa HTTPS adalah kombinasi HTTP dengan protokol SSL / TSL. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan dianalisis untuk tujuan keamanan saat terjadi transaksi data melalui internet.

Baca juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS


Fungsi dan Tujuan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre)

Fungsi khusus HTTPS adalah menjaga keamanan data dari hacker yang berniat membajak dokumen ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya suatu program error data dan kerusakan pada server akibat adanya koneksi yang disebabkan oleh kerusakan yang dilakukan oleh para ahli hacker yang tidak bertanggung jawab.

Manfaat dan Penggunaan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre)
Cara kerja hacker untuk membajak file dokumen biasanya menggunakan alat WireShak, saat alat ini terhubung ke internet, protokol HTTP akan mudah memecah pertahanan keamanannya.

Berbeda dengan sistem HTTPS, alat yang digunakan tidak akan bisa menembus keamanan dokumen menggunakan protokol HTTPS.

Contoh Perusahaan Internet yang menggunakan HTTPS
Anda bisa melihat perusahaan yang berkecimpung di internet kebanyakan membuat protokol dengan sistem keamanan yang cukup canggih, salah satunya dengan menggunakan HTTPS.

Perusahaan-perusahaan ini https://facebook.com, https://twitter.com, Domain yang menggunakan HTTPS sebagai protokol mereka dan sebagainya.
  • Categories