Kematian Yang Dirindukan

Standard
“Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendatipun kamu berada didalam benteng yang tinggi lagi kokoh. (Q.S An-Nisa :78)”                      

Assalamu’alaikum!

Terjemahan dari surat An-Nisa ayat 78 barangkali menjadi jelas,bahwasanya setiap dari kita akan berjumpa dengan kematian. Tiada yang bisa mengelak, tiada bisa hentikan, tiada yang bisa lari darinya. Lalu bagaimana mati kita nantinya ?

Kemana kita akan dibawa setelah masa itu tiba ?

Mereka yang mendahului kita, tak kembali untuk cerita. Apa yang ia rasakan di dalam kuburnya, bagaimana keadaannya disana ? Tak  satupun dari mereka yang bisa jelaskan. Artinya mereka yang mati takkan lagi bisa kembali ke dunia yang bagi kita begitu indah. Namun lain kita lain pula orang-orang yang shaleh, orang-orang yang orientasi hidupnya berjuang untuk agama Allah.

Banyak orang sibuk dengan urusan dan masalah dalam kehidupannya, sibuk dengan hari lahirnya namun ketika ditanya sudahkah engkau persiapkan dirimu dalam menghadapi kematian, ia terdiam dan kebingungan. Kematian merupakan hal yang tak bisa dibayangkannya, tak terlintas dalam benaknya, tak tertanam didalam hatinya. Hingga akhirnya ia lalai dalam hidupnya, kesenangan dunia begitu memperdayanya, membuatnya lupa tentang tujuan dalam hidup sebenar-benarnya. Mereka akan takut untuk menghadapi kematian yang pasti.

Berbeda dengan hamba yang mengabdi dengan sebenar-benarnya pengabdian kepada Illah Nya. Yang tak pernah putus melimpahkan rahmat, kebahagiaan, kebaikan, dan tak pernah sedikitpun dzalim terhadap hamba-hambaNya. Kematian merupakan motivasi terbesar dalam hidup orang-orang seperti ini, motivasi baginya dalam menggerakkan langkah selama masa hidupnya. Yang menjadikan dunia bukan tujuan tapi ancaman. Tak takut baginya ketika kematian itu datang menjemput karena kematian merupakan jalan satu-satunya untuk berjumpa dengan Rabbnya.

Sadarilah bahwa kematian itu bukan hal yang menakutkan tapi menggembirakan bagi insan yang taat dan tunduk pada syari’atNya, dan kematian adalah hal paling menakutkan bagi insan yang senang dengan kemaksiatan. Maka dari itu, kembalilah kepada jalan kebenaran, berjuang bersama dalam jalan dakwah hingga sampai kematian menjemput dan kita termasuk golongan orang-orang yang taat dan Allah ambil kita dalam keadaan khusnul khatimah.  Aamiin Yaa Rabbal Alamin.
  • Categories