I'M Tsauri

Academic . Graphic Designer . Web Developer . Photographer . Blogger

Monday, August 28, 2017

Pedoman Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah bagi dosen dan peneliti merupakan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai bagian dari satu luaran penelitian, dan persyaratan untuk setiap kenaikan jenjang jabatan fungsional. Selain sebagai syarat kenaikan jenjang jabatan, publikasi ilmiah juga digunakan untuk pemberian tunjangan profesi dan kehormatan seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor. Peraturan tersebut mewajibkan dosen dengan jabatan akademik lektor kepala harus menghasilkan sedikitnya 3 karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi atau sedikitnya 1 karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional, sementara dosen dengan jabatan akademik profesor wajib menghasilkan sedikitnya 3 karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional atau sedikitnya 1 karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi.

Dalam skema penelitian yang disediakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengambangan (litbang) juga diwajibkan untuk menghasilkan publikasi ilmiah sebagai luaran dan bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana penelitian. Kewajiban tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi yang dihasilkan dari Indonesia yang saat ini lebih rendah daripada Malaysia dan Thailand, padahal
Indonesia memiliki sumber daya dosen dan peneliti yang lebih besar di Asia, dibandingkan kedua negara tersebut.

Bentuk penghargaan telah disiapkan oleh Kemenristekdikti kepada akademisi yang sudah berprestasi menghasilkan publikasi ilmiah berupa insentif Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi, Bantuan Seminar Luar Negeri, dan Insentif Buku ajar.

Oleh karena itu saya menyambut baik terbitnya Buku Panduan Publikasi Ilmiah oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual agar dapat dijadikan acuan oleh dosen dan peneliti di Indonesia guna lebih mengenal jenis publikasi, proses publikasi dan strategi yang harus dipersiapkan sehingga naskahnya dapat diterima sesuai dengan kaidah dan aturan dari setiap jenis publikasi. Hal yang paling penting dari publikasi ilmiah adalah mengenalkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan akademisi Indonesia ke dunia internasional sehingga memperoleh pengakuan melalui banyaknya
sitasi atas publikasi yang dihasilkan yang selanjutnya berdampak pada peningkatan kinerja lembaga maupun negara dalam hal penelitian.

Selengkapnya KLIK


Terimakasih telah berkunjung, silahkan ambil yang baik dan buang yang buruknya "Undur ma Qola wa La Tandur Man Qola". Kami sangat senang jika Anda menyukai Artikel di blog ini.

Clients

Start Work With Me

Contact Us

Sopyan Tsauri
+123-456-789
DKI Jakarta, Indonesia