Luangkan Waktu Untuk Relaksasi

Standard
Setelah seharian disibukkan dengan aktifitas harian yang menguras tenaga dan pikiran, ada baiknya ketika istirahat di rumah pada malam hari melakukan sedikit relaksai. Relaksasi adalah aktifitas yang membuat kita tenang. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi tenang. Sekarang sudah banyak buku dan lembaga yang mengajarkan cara relaksasi. Pilihlah yang menurut anda sesuai dan tidak bertentangan dengan akidah yang kita anut. Salah satu cara teknik relaksai sederhana adalah dengan berbaring dan melemaskan seluruh sendi-sendi tubuh. Kemudian tarik nafas selama kurang lebih 15 detik, lalu hembuskan secara perlahan. Cara ini dilakukan dengan rileks dan lebih baik lagi dengan memajamkan mata serta mambayangkan kan hal-hal indah tentang masa depan yang kita harapkan…awas jangan sampai membayangkan yang jorok-jorok ya he he..

Lakukan semua itu seolah-olah kita melihat langsung keadaan yang menyenangkan. Saat kita meraih sukses pada masa yang akan datang. Saat ini dilakukan seolah-olah menoton film kehidupan sendiri yang indah. Akan lebih baik jika emosi senang dan gembira bisa Anda ciptakan.

Kita bisa melakukan relaksasi kapan saja dimana saja. Jika ternyata kita sedang menemukan kejenuhan saat bekerja dikantor, saat itu juga kita bisa melakukan relasasi ditempat kerja. Kita tidak perlu melakukannya dengan berbaring. Kita bisa melakukan gerakan-geraka untuk mengendurkan otot-otot dan merenggangkannya. Misalnya kita bisa melakukan gerakan kepala karah kanan dan kiri secara bergantian, masing masing setengah menit. Kemudian kita mengubah gerakannya kedepan, keatas dan menarik tangan ke punggung. Gerakan-gerakan tersebut dilakukan sambil berdiri dan mengatur pernapasan.

Buat para blogger yang kesehariannya duduk di depan komputer jangan keasyikan terus tanpa melakukan relasasi sejenak. Luangkanlah waktu 5 menit untuk relaksasi dalam setiap 1 atau 2 jam cukup untuk membuat kita kembali fresh. Cobain deh.

Sebaiknya kita melakukan gerakan relaksasi terutama gerakan pernapasan secara rutin, jika ia dilakukan dengan baik akan menumbuhkan kekuatan pada tubuh manusia.

Seperti ilmu beladiri tai-chi yang bertumpu pada latihan pernapasan. Demikian juga gerakan beladiri lainya banyak yang menggunakan tekhnik pernafasan untuk memompa kekuatan fisik. Pernapasan berarti menghimpun tenaga yang ada di alam untuk dimanfaatkan kedalam tubuh kita.

Relaksasi bermanfaat untuk mengurangi ketegangan membuat tubuh menjadi segar, pikiran menjadi jernih, menumbuhkan optimisme dan membangkitkan semangat hidup.


  • Categories